Beasiswa Baituzakkah Pertamina

Membangun diri untuk Membangun Negeri

Nama saya Shafira Salsabila Abdullah umur saya 20 di tahun ini. saya anak kedua dari 3 bersaudara, satu kaka laki-laki dan satu adik perempuan, saya tinggal di Kota Bekasi. kaka saya sudah bekerja sebagai pegawai dikantor Dinas pemadam kebakaran yang jabatannya masih seorang TKK, dan adik saya berada dijenjang 1 sekolah menengah atas yang masih banyak membutuhkan keperlun. ayah dan ibu bekerja sebagai pegawai negri sipil (PNS) tetapi ayah saya sudah tiada saat saya masuk kuliah semester pertama.

Peran saya dikeluarga setelah ayah saya sudah tiada, terkadang saya menggantikan posisi ibu saat saya dirumah dan membantu kaka menjadi juru bicara dalam keluarga juga. tetapi saya tidak memiliki waktu banyak dirumah karena harus berkuliah dibandung dan lebih banyak berkontribusi dirumah saat liburan kuliah saja. 

Saat ini saya sedang menjalankan kuliah S1 semester 4 di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Administrasi Pendidikan. semasa kuliah saat ini saya aktif dalam organisasi himpunan BEM HMD Adpend sebagai anggota di bidang PSDM (pengembangan sumber daya Manusia) di jurusan saya. Keaktifan di organisasi ini mengasah kemampuan saya dalam kepemimpinan dan membangun inisiatif-inisiatif untuk mengambil tindakan nyata dalam merespon permasalahan sosial dan kurang nya sumber daya manusia bagi pendidik di Indonesia . Dengan begitu saya mengajak teman-teman saya untuk ikut serta mengikuti kegiatan dalam himpunan seperti bakti socsal dan berkunjung ke salah satu desa yang masih kurang akan sumber daya manusia dari pemerintahan sekitar. Dengan mengadakan perpustakaan keliling gratis agar anak-anak yang tidak bersekolah tetap mendapatkan ilmu dan belajar tanpa adanya halangan atau alasan seperti tidak adanya biaya untuk membayar kebutuhan sekolah.

Saya memiliki banyak prestasi dalam bidang olahraga sejak masih duduk dibangku  Sekolah dasar saya mendapatkan juara 1 volley ball antar se-Kota Bekasi, saat  Sekolah menengah pertama mendapatkan juara 2 lomba basket dalam lomba 02SN se-Kabupaten dan saat ini saat diperguruan tinggi lebih sering mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada dalam himpunan juga Seminar  nasional untuk lebih menunjang keterampilan diri dan pemikiran. saya juga pernah menjadi ketua pelaksana dalam suatu kegiatan didalam himpunan. saya juga pernah menjadi panitia Seminar Nasional Pendidikan di perguruan tinggi saya yaitu UPI, dan mengikuti kegiatan sosial seperti PPM (pengabdian pada masyarakat) di Bandung untuk lebih mengembangkan sumber daya manusia. Dengan begitu saya dan teman-teman kampus turut andil dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat dengan harapan mereka dapat lebih aktif dan dapat mengembangkan ide dan fikirannya lebih luas serta menambah wawasan dengan meningkatkan bakat dan skill yang dimiliki untuk membantu orang sekitar yang masih memerlukan perhatian khusus dalam bidang ekonomi.

Saya berharap 5 sampai 10 tahun kedepan Indonesia memiliki sumber daya manusia yang lebih baik untuk mensejahterakan masyarakat serta saya juga ingin ikut serta dalam pembentukan pendidik yang baik sehingga kedepannya bisa banyak bermunculan pendidik Indonesia yang bisa memberikan pengetahuan dan pembelajaran yang maksimal bagi anak-anak di daerah pedalaman yang susah dijangkau, tujuannya untuk meningkatkan kualitas anak-anak Indonesia sehingga mereka bisa berkontribusi untuk Indonesia. Penyebab sulitnya pembentukan pendidik di daerah pedalaman salah satunya yaitu rendahnya efisiensi eksternal sistem pendidikan yang disebut dengan relevansi pendidikan, dimana menyebabkan terjadinya pengangguran tenaga terdidik yang cenderung terus meningkat dan juga rendahnya pemerataan kesempatan belajar serta banyaknya peserta didik yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena beberapa factor di atas merupakan alasan kuat saya untuk melanjutkan pendidikan. Dengan itu saya sebagai mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan yang mempelajari bagaimana menjadi seorang pendidik yang mengawasi dan merencanakan Pendidikan di Indonesia untuk masa yang akan datang sangat menginginkan perubahan bukan hanya merubah kegagalan pada sumber daya manusia dalam perekonomian saja tetapi juga dalam bidang Pendidikan. Saya juga ingin mengembangkan SDM bagi pendidik dan anak-anak khususnya daerah pedalaman yang sulit dijangkau untuk pemertaan pendidikan di Indonesia dan peningkatan kualitas dunia pendidikan yang lebih baik agar tidak ada lagi anak-anak yang tidak dapat sekolah karena masalah ekonomi atau karna kurangnya pemerataan pendidik di Indonesia.

Bila saya berkesempatan mendapatkan beasiswa ini, saya ingin mengambil peran sebagai seorang pendidik di sebuah institusi pendidikan tinggi dan berkomitmen untuk melanjutkan pendidikan sampai jenjang doctor untuk membanggakan dan megabulkan keinginan alm. Ayah saya yang menginginkan saya melanjutkan S2. Saya juga ingin berkontribusi dengan menjadi Pendidik untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia menjadi semakin berkualitas sehingga Indonesia mampu mencapai kebangkitan generasi emas yang berwawasan global dan memiliki daya saing.

Comments